Cara Reset Password Ptk Yang Lupa

Cara reset password PTK di layanan Simpatika. Jika PTK lupa password, tentu tidak bisa login ke akun Simpatika Individunya.

Lalu apa yang harus dijalankan?

Jika PTK tersebut sebelumnya sudah menyertakan email alternatif (mampu login dengan menggunakan email, semisal "namaemail@gmail.com"), reset password dapat dilaksanakan secara berdikari. Cukup dengan beberapa kali klik, akan mampu mengganti password lewat link yang diberikan melalui email.

Kalau belum menyertakan email alternatif?

PTK yang belum menyertakan email alternatif alias loginnya masih memakai PegID dan NUPTK, bila lupa password hendaknya melapor ke Kepala Madrasah atau Admin Madrasah. Oleh mereka, password tersebut akan direset dengan memakai akun madrasah.

Tapi bagaimana cara dan tindakan Kepala Madrasah atau Operator Madrasah dalam mereset password PTK yang lupa tersebut? Ikuti pembahasan berikut ini.

Cara Reset Password PTK yang Lupa oleh Kepala Madrasah


Dalam layanan Simpatika, Kepala Madrasah otomatis mempunyai hak dan kewenangan sebagai Operator Madrasah. Sehingga Kepala madrasah dan Operator Madrasah dapat mengelola Akun Madrasah di layanan Simpatika. Salah satu fungsi Akun Madrasah ini yaitu untuk mengelola akun-akun PTK di madrasah tersebut. Termasuk dalam mereset password akun PTK.

Prosedur dan cara mereset password PTK yang lupa, mampu disimak melalui video tutorial simpatika berikut ini.




Jika masih resah, silakan simak langkah-langkah di bawah ini

  1. Kepala Madrasah atau Operator Madrasah, login ke layanan Simpatika.
    Cara login, baca : Cara Login dan Logout di Layanan Simpatika
  2. Setelah muncul "Dasbor Layanan", pilih layanan "Sekolah".
  3. Pilih (klik) menu secara berurutan : Pendidik & Tenaga Kependidikan >> Direktori PTK >> Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  4. Pada halaman Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, muncul daftar semua PTK di madrasah tersebut. Pilih PTK yang hendak direset passwordnya. Pada bagian baling kanan klik tanda segitiga terbalik.
  5. Muncul opsi menu. Pilih (klik) Atur Ulang Password
  6. Muncul Surat Pemberitahuan Reset Password. Di dalam surat tersebut terdapat user ID PTK (PegId atau NUPTK), nama PTK, dan password gres.
  7. Cetak Surat Pemberitahuan Reset Password tersebut dan serahkan terhadap PTK yang lupa password tadi. Password yang tertulis di dalam surat mampu pribadi digunakan untuk login.

Jagalah Password


Jagalah password Anda sebaik mungkin. Jaga jangan sampai lupa, karena jika lupa pastinya tidak mampu login dan mesti meminta pinjaman untuk direset kembali. Reset kok terus-menerus.

Selain itu, jaga pula kerahasiaan password Anda. Jangan biarkan orang lain mengetahui password Simpatika Anda. Ini untuk menyingkir dari penyalahgunaan akun oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Anda tidak inginkan bila tiba-tiba ada orang lain yang login ke akun Anda lalu melaksanakan anjuran pengunduran diri?

Passwordnya Sulit Diingat


Password yang diberikan oleh tata cara umumnya terdiri atas beberapa huruf berupa kombinasi angka dan karakter. Terkadang PTK kesuulitan untuk mengingatnya.

Kalau susah dikenang kesudahannya cepat lupa, dong.

Jangan khawatir, password tersebut dapat diubah menjadi password yang gampang dikenang. Caranya bagaimana?

Caranya mudah. Namun sebab artikel ini cuma membicarakan ihwal cara merest password PTK yang lupa, maka cara mengganti password supaya mudah diingat dan tidak gampang lupa, akan dibahas di lain peluang saja.

Tidak ada komentar untuk "Cara Reset Password Ptk Yang Lupa"