Jika Simpatika Semester Kemudian Tidak Dijalankan Bisakah Dijalankan Kini?

Sebuah pertanyaan sederhana tapi cukup menggelitik, jika Simpatika di semester yang lalu tidak dilakukan apakah mampu dilaksanakan di semester ini?

Alkisah, pada semester sebelumnya Sang PTK tidak sempat melakukan keaktifan diri dan mencetak kartu PTK sampai berakhirnya kala verval Simpatika semester tersebut. Hasilnya riwayat verval PTK tersebut di semester (katakanlah, Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester 1) berstatus "Belum Aktif". Hal ini ditandai dengan status bintang yang masih berwarna ungu, belum hijau. Padahal kala verval Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester 1 telah berakhir.

Apakah bisa PTK tersebut mengedit status keaktifan pada Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester 1 yang semula "Belum Aktif" menjadi "Aktif" di Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester 2 ini? Merubah bintang yang semula berwarna ungu menjadi hijau.

Ataukah ada penyelesaian atau alternatif untuk melakukan hal tersebut?

Kejadian mirip ini tampaknya sungguh banyak terjadi. Ini mengenang proses perpindahan dari layanan Padamu Negeri yang semula diatur oleh Diknas menjadi layanan Simpatika yang diatur secara berdikari oleh Kemenag. Proses ini diawali dengan rumor-rumor yang membingungkan dan ketidakjelasan. Pun ditambah dengan telatnya sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama. Belum lagi jikalau ditambah dengan keterbatasan susukan gosip dan jaringan internet di berbagai kawasan di Indonesia. Alhasil, tidak sedikit PTK yang gagal mengaktifkan riwayat vervalnya di layanan Simpatika pada Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester 1.

Sebuah pertanyaan sederhana tapi cukup menggelitik Jika Simpatika Semester Lalu Tidak Dikerjakan Bisakah Dikerjakan Sekarang?
Contoh salah satu akun Simpatika dengan status verval belum aktif


Kembali ke pertanyaan, bisakah?

Ternyata jawabnya, tidak mampu! Riwayat verval PTK yang pada semester sebelumnya belum sempat diaktifkan tidak mampu diaktifkan di semester berikutnya. Artinya jikalau pada semester sebelumnya (katakanlah, Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester 1) kadung "Belum Aktif" maka status itu akan tetap "Belum Aktif" dan tidak mampu dirubah.

Pada semester selanjutnya (katakanlah, Tahun Pelajaran 2015/2016 Semester 2) PTK tersebut hanya bisa mengaktifkan riwayat verval Semester 2. Sedangkan riwayat verval semester 1 tetap akan tertulis "Belum Aktif".

Jika tidak mampu, adakah penyelesaian dan alternatif lain?

Jawabnya masih sama, tidak ada! Jika telah kadung tidak melakukan pengaktifan diri (mengaktifkan diri dan cetak kartu PTK), maka terima sajalah status verval di semester tersebut tetap tertulis "Belum Aktif". Artinya oleh sistem, PTK tersebut dianggap tidak mengajar selama satu semester.

Pada semester berikutnya, jangan hingga terulang. Lakukan pengaktifan diri (dan cetak kartu), serta program-program Simpatika lainnya sesuai dengan acara dan tenggat waktu yang diputuskan. Jika pada semester selanjutnya masih juga "Belum Aktif" (tidak aktif selama dua semester), akun PTK tersebut akan dinonaktifkan oleh sistem.

Sebuah pertanyaan sederhana tapi cukup menggelitik Jika Simpatika Semester Lalu Tidak Dikerjakan Bisakah Dikerjakan Sekarang?
Beberapa akun Simpatika yang status vervalnya belum aktif ditandai dengan bintang berwarna ungu


Dan bila akun Simpatika (termasuk NUPTK) terlanjur dinonaktifkan sebab selama dua semester tidak melakukan pengaktifan diri, maka diharapkan proses dan tahapan yang tidak mengecewakan panjang untuk mengaktifkannya kembali.

Sewaktu layanan masih berjulukan Padamu Negeri, untuk mengaktifkan kembali akun NUPTK yang sudah mati mesti lewat Admin Padamu di tingkat LPMP. Dengan hirarki yang hampir sama, akun Simpatika yang telah mati, hanya bisa diaktifkan lagi oleh Admin Simpatika di tingkat Kanwil. Tentunya, sebelumnya harus melewati verifikasi dan anjuran oleh Admin Simpatika di tingkat Kabupaten/Kota.

Jika Simpatika semester yang kemudian tidak dikerjakan, terima sajalah status verval "Belum Aktif"

Tidak ada komentar untuk "Jika Simpatika Semester Kemudian Tidak Dijalankan Bisakah Dijalankan Kini?"