Cara Cetak Kartu Simpatika Semester Genap 2015/2016

Cara mencetak Kartu Simpatika atau Kartu GTK era Semester Genap Tahun pelajaran 2015/2016. Meski telah dilaksanakan berulang kali, setiap semester sejak Tahun pelajaran 2014/2015, namun masih saja banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mencetak kartu bukti keaktifan diri sebagai PTK tersebut.

Baca artikel sebelumnya : Tampilan Kartu Simpatika Per Semester.

Kartu GTK atau Kartu Simpatika (dahulu kerap disebut juga sebagai Kartu NUPTK) merupakan salah satu bukti keaktifan diri PTK pada semester tersebut. Kartu yang cuma mempunyai kala berlaku selama satu semester ini kerap menjadi patokan dalam berbagai acara pengembangan PTK, termasuk kemakmuran guru.

 atau Kartu GTK periode Semester Genap Tahun pelajaran  Cara Cetak Kartu Simpatika Semester Genap 2015/2016
Kartu Simpatika dari kala ke era


Syarat Mencetak Kartu Simpatika 2016


Kartu Simpatika dapat dicetak oleh setiap pemilik akun Simpatika, baik yang sudah mempunyai NUPTK ataupun sekedar PegID. Baik oleh Pendidik maupun Tenaga Kependidikan.

Syarat untuk mampu mencetak kartu ini cuma satu, ialah : sudah melaksanakan pengaktifan diri (pengaktifan portofolio) pada kurun atau semester tersebut.

Dulu kartu ini gres mampu dicetak setelah riwayat mengajar guru tersebut (dan PTK lainnya) tercatat dalam metode. Namun semenjak periode verval Simpatika Semester 1 Tahun pelajaran 2015/2016, tahapannya berubah. PTK mampu mencetak kartu apalagi dahulu, meskipun agenda mengajar mingguan belum disusun.

Syaratnya cuman satu, sudah aktif pada semester tersebut.

Tentang bagaimana cara mengaktifkan diri (pengaktifan portofolio) PTK, simak video panduan berikut ini:


Video Tutorial Cara Mencetak Kartu Simpatika (Kartu GTK) 2016


Setelah melaksanakan pengaktifan diri, PTK dapat mencetak Kartu GTK lewat akun PTK-nya masing-masing. Caranya, PTK cukup login ke akun PTK di layanan Simpatika.

Jika bingun dengan login Simpatika, baca : Cara Login dan Logut di Layanan Simpatika

Adapun caranya yaitu sebagaimana video panduan berikut ini. Klik tombol play (putar) untuk memulai.



Setelah kartu tercetak, selain dicetak dalam bentuk fisik, jangan lupa untuk menyimpan file Kartu Simpatika tersebut. Siapa tahu dalam semester yang berlangsung kartu fisik-nya hilang, masih memiliki file sehingga tidak perlu mencetak Kartu Simpatika beberapa kali.

Tidak ada komentar untuk "Cara Cetak Kartu Simpatika Semester Genap 2015/2016"