Syarat Dan Jenis Verval Nrg Di Simpatika 2016

Layanan Simpatika pada periode verval Semester Genap Tahun pelajaran 2015/2016, akan kembali membuka verval NRG. Verval NRG sendiri pernah dilaksanakan pada Semester Genap Tahun 2014/2015, dikala Simpatika masih berjulukan Padamu Negeri.

Adakah perbedaan antara yang kemarin dan sekarang?

Bagaimana dengan PTK yang setahun kemudian sudah berhasil melakukan verval NRG? Pun bagaimana yang tahun kemarin belum sukses?

Apa Itu Verval NRG?


Sabar. Kita pelajari dahulu apa itu NRG dan verval NRG.

NRG, singkatan dari Nomor Registrasi Guru, yakni nomor unik yang dimiliki oleh guru yang sudah bersertifikat pendidik. So, semua guru yang telah mempunyai akta pendidik sebaiknya juga memiliki Nomor Registrasi Guru (NRG).

Guru yang mempunyai NRG maupun belum mempunyai NRG tetapi telah memiliki akta pendidik harus melaksanakan verval NRG melalui layanan Simpatika. Hukumnya fardlu ain!

Apabila terdapat pendidik yang tidak melalukan verval NRG, maka NRG yang dimiliki dianggap tidak valid.

Verval NRG, rencanya akan mulai dibuka pada tanggal 1 Februari 2016 hingga berakhirnya abad verval Simpatika kala semester ini.

Baca : Fitur dan Agenda Kegiatan Simpatika Semester 2 Tahun 2015/2016

Syarat Verval NRG


Untuk dapat berpartisipasi dalam verval NRG, seorang pendidik di naungan Kementerian Agama harus menyanggupi beberapa persyaratan selaku berikut:

  1. Telah memiliki NRG atau belum memiliki NRG tetapi telah memiliki Sertifikat Pendidik;
    Karena namanya verval NRG maka syarat terutama yaitu memiliki NRG. Jika sudah mempunyai Sertifikat Pendidik tetapi tidak memiliki NRG, jangan khawatir sebab tersedia fitur Pengajuan NRG Baru. Sertifikat pendidik nantinya mesti discan dan diunggah file scan-nya beserta Ijazah terakhir. Besar filenya antara 200 KB hingga 1 MB (1000 KB)
  2. Telah Memiliki NUPTK
    Pendidik yang belum mempunyai NUPTK dan cuma bermodalkan PegID atau malah tidak memilikinya, tidak dapat mengikuti verval NRG. Sistem akan langsung menolaknya dengan memunculkan 'notifikasi penolakan'
Kedua syarat tersebut tidak dapat ditawar. Sehingga bila tidak menyanggupi salah satunya, silakan menjadi penonton saja.

Jenis Verval NRG


Dalam layanan Simpatika terdapat aneka macam jenis verval NRG. Di setiap jenis verval, pastinya akan memiliki tindakan, cara, dan prosedur yang berlainan pula.

Adapun jenis Verval NRG yang disediakan oleh layanan Simpatika di tahun 2016 ini ialah:

1. Pengajuan NRG Baru


Fitur Pengajuan NRG gres ini ditawarkan bagi pendidik Kemenag (yang telah menyanggupi syarat sebagaimana di atas), dan termasuk dalam dua jenis selaku berikut:
  1. Memiliki Sertifikat Pendidik namun belum mempunyai NRG.
  2. NRG yang diisikan (dikala verval) timbul notifikasi "Tidak Ditemukan"

PTK yang melakukan Pengajuan NRG nantinya akan mencetak Surat Ajuan Nomor Registrasi Guru (NRG) Baru atau S26a. Setelah S26a diserahkan ke Admin Simpatika tingkat Kabupaten/Kota, PTK akan menerima S26c1.

2. Verval NRG


Fitur Verval NRG ditawarkan bagi guru yang sudah mempunyai NRG.

Setelah verval, PTK akan mendapatkan Surat Ajuan Verval NRG (S26b2). Surat tersebut diajukan ke Admin Simpatika tingkat Kabupaten/Kota dan PTK akan mendapatkan S26c2.

3. Klaim NRG


Fitur Klaim NRG ditawarkan bagi pendidik yang saat verval (memasukkan NRG dan Nomor Peserta), timbul notifikasi bahwa NRG tersebut terekam atas nama PTK lain oleh metode, tetapi belum diklaim oleh PTK yang namanya tertera tersebut.

Setelah verval, PTK akan mendapatkan Surat Ajuan Klaim NRG (S26b3). Surat tersebut diajukan ke Admin Simpatika tingkat Kabupaten/Kota dan PTK akan memperoleh S26c3.

 pada periode verval Semester Genap Tahun pelajaran  Syarat dan Jenis Verval NRG di Simpatika 2016


4. Sengketa NRG


Fitur Sengketa NRG ditawarkan bagi pendidik yang saat verval (memasukkan NRG dan Nomor Peserta), muncul notifikasi bahwa NRG tersebut telah digunakan atau sudah diklaim oleh PTK lain. 

Bedakan antara Klaim NRG dan Sengketa NRG. Pada Klaim NRG, posisi NRG tercatat atas nama orang lain namun belum diklaim. Sedangkan pada Sengketa NRG, posisi NRG telah dipakai atau diklaim oleh PTK lain.


Setelah verval, PTK akan menerima Surat Ajuan Penyelesaian Sengketa NRG (S26b4). Surat tersebut diajukan ke Admin Simpatika tingkat Kabupaten/Kota dan PTK akan memperoleh S26c4.

 pada periode verval Semester Genap Tahun pelajaran  Syarat dan Jenis Verval NRG di Simpatika 2016


5. Perbaikan Data NRG


Fitur Perbaikan Data NRG ditujukan bagi guru yang dikala melakukan verval NRG, muncul peringatan kalau Nomor Peserta yang diisikan tidak cocok. Padahal yang diisikan telah sesuai dengan Sertifikat Pendidik yang dipunyai.

Setelah verval PTK akan mencetak Surat Ajuan Perbaikan Data NRG (S26b5). Surat ini diajukan ke Admin Simpatika tingkat Kabupaten/Kota dan PTK akan mendapatkan S26c5.

 pada periode verval Semester Genap Tahun pelajaran  Syarat dan Jenis Verval NRG di Simpatika 2016


Cara Verval NRG


Setelah mengetahu apa itu NRG, Verval NRG, Syarat Verval NRG, dan Jenis-jenis Verval NRG, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara melaksanakan verval NRG?

Karena postingan "Syarat dan Jenis Verval NRG di Simpatika 2016" ini ditulis sebelum fitur verval NRG diluncurkan, maka terkait cara melaukan verval belum bisa disampaikan secara mendetail.

Namun secara garis besar, prosedur, tahapan, dan cara melakukan verval NRG di tahun ini hampir sama dengan Verval NRG di periode sebelumnya, adalah Verval NRG tahun 2015 silam.

Sebagai obat penasaran, simak dua video berikut ini:

Cara Melakukan Verval NRG dan Pengajuan NRG Baru



Cara Klaim, Sengketa, dan Perubahan Data NRG




Baca : Syarat dan Cara Mendapatkan NPK (Nomor Pendidik Kemenag)

Tidak ada komentar untuk "Syarat Dan Jenis Verval Nrg Di Simpatika 2016"