Struktur Kurikulum Mi Yang Digunakan Simpatika
Akhirnya Tim Pusat SKMT dan SKBK Online.
Bersama dengan Struktur Kurikulum MI juga dirilis struktur kurikulum untuk jenjang pendidikan yang lain mulai dari:
TABEL STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH IBTIDAIYAH
Keterangan:
Bersama dengan Struktur Kurikulum MI juga dirilis struktur kurikulum untuk jenjang pendidikan yang lain mulai dari:
- Struktur Kurikulum untuk RA.
- Struktur Kurikulum untuk MTs.
- Struktur Kurikulum untuk MA.
Harus diakui, struktur kurikulum dengan Alokasi JTM yang dipraktekkan di Simpatika membuat banyak madrasah yang kebingungan. Walaupun sudah berulang kali dijelaskan dalam berbagai kesempatan jikalau kurikulum yang digunakan merupakan kombinasi antara KTSP dan K13. Namun nyatanya masih banyak yang 'gagal paham'.
Mungkin alasannya adalah struktur kurikulum yang diberlakukan di Kemenag selama ini terlalu 'rumit'.
Karena itulah kemudian Tim Pusat Simpatika merilis Standar dan Struktur Kurikulum yang digunakan di sistem layanan Simpatika.
Mungkin alasannya adalah struktur kurikulum yang diberlakukan di Kemenag selama ini terlalu 'rumit'.
Karena itulah kemudian Tim Pusat Simpatika merilis Standar dan Struktur Kurikulum yang digunakan di sistem layanan Simpatika.
Standar Struktur Kurikulum
Sesuai dengan KMA Nomor 207 Tahun 2014 perihal Kurikulum Madrasah, mulai Semester kedua Tahun pelajaran 2014/2015 Kemenag memberlakukan 'kurikulum kombinasi' untuk jenjang MI, MTs, dan MA. Pada mata pelajaran biasa tetap kembali menggunakan persyaratan KTSP sedangkan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab tetap menggunakan persyaratan K13 sesuai KMA Nomor 165 Tahun 2014.
Struktur kurikulum ini digunakan selaku dasar konfigurasi tata cara di Layanan Simpatika mulai dari Isian Jadwal Kelas, Linieritas Mapel Sertifikasi, sampai SKMT dan SKBK Online.
Adapun struktur kurikulum bagi Madrasah Ibtidaiyah yang telah diubahsuaikan tersebut yaitu selaku berikut.
Struktur kurikulum ini digunakan selaku dasar konfigurasi tata cara di Layanan Simpatika mulai dari Isian Jadwal Kelas, Linieritas Mapel Sertifikasi, sampai SKMT dan SKBK Online.
Adapun struktur kurikulum bagi Madrasah Ibtidaiyah yang telah diubahsuaikan tersebut yaitu selaku berikut.
Sehubungan dengan Penyesuaian Alokasi JTM yang dilaksanakan oleh Simpatika, Struktur kurikulum kelas 1-3 dengan pendekatan mata pelajaran terpaksa harus menyesuaikan. Simak versi struktur kurikulum yang dibuat di bab selesai postingan ini.
TABEL STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH IBTIDAIYAH
Komponen | Alokasi Waktu JTM KTSP | Alokasi Waktu JTM KMA 207 | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
I | II | III | IV, V, VI | I | II | III | IV, V, VI | ||
A | Mata Pelajaran | ||||||||
1 | Pendidikan Agama Islam | ||||||||
a. Al Quran Hadits | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
b. Akidah Akhlak | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
c. Fikih | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |
d. Sejarah Kebudayaan Islam | - | - | 2 | 2 | - | - | 2 | 2 | |
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |||
3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | |||
4 | Bahasa Arab | - | - | - | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
5 | Matematika | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | |||
6 | Ilmu Pengetahuan Alam | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 | |||
7 | Ilmu Pengetahuan Sosial | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | |||
8 | Seni Budaya dan Keterampilan | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 | |||
9 | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | |||
B | Muatan Lokal | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | |||
C | Pengembangan Diri | - | - | - | - | - | - | - | - |
Jumlah Alokasi JTM (Jumlah Asal) | 31 | 31 | 33 | 39 | 31 | 31 | 33 | 39 | |
Jumlah Alokasi JTM (Jumlah Terbaru) | 30 | 30 | 32 | 39 |
Simak MODEL STRUKTUR KURIKULUM YANG DISESUAIKAN di bagian simpulan postingan ini (UPDATE 10 MARET 2016)
Keterangan:
- Untuk mapel biasa pada tingkat (kelas) rendah MI (I, II, dan III) mampu diampu dengan pendekatan "tematik" maupun "mata pelajaran". Untuk itu, di daftar mata pelajaran di Simpatika disediakan juga mata pelajaran Tematik (PAI).
- Alokasi per Mapel di kelas I, II, dan III pada tabel di atas (JTM KTSP), diadaptasi oleh Admin berdasarkan pendekatan "mata pelajaran".
- Untuk mapel Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada tingkat (kelas) rendah (I, II, dan III) diampu dengan pendekatan "mata pelajaran"
- Untuk kelas atas MI (IV, V, dan VI) memakai pendekatan "mata pelajaran" untuk semua mapelnya.
- Sesuai dengan KMA Nomor 165 Tahun 2014, mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mulai diajarkan pada kelas III dengan 2 JTM perminggu.
- Pengembangan Diri tidak dijumlah sebagai mata pelajaran.
- Mata pelajaran Muatan Lokal menerima alokasi 2 JTM perminggu. Jika terdapat mapel Muatan Lokal lainnya (lebih dari 2 JTM), dapat menggunakan prosedur peran tambahan lewat kegiatan ko-korikuler dan ekstrakurikuler sesuai yang dikelola dalam KMA Nomor 103 Tahun 2015.
- Total Jam Tatap Muka (JTM) perminggu dalam satu rombongan belajar dipertimbangkan dengan pembiasaan sebagaimana berikut:
- Tingkat 1 : 30 JTM
- Tingkat 2 : 30 JTM
- Tingkat 3 : 32 JTM
- Tingkat 4 : 39 JTM
- Tingkat 5 : 39 JTM
- Tingkat 6 : 39 JTM
- Terkait adaptasi "Alokasi JTM Terbaru" pada kelas bawah (1-3), alokasi antar mapel yang dapat dilaksanakan dengan pendekatan tematik dapat dikurangi sampai jumlah JTM sesuai.
Dokumen selengkapnya untuk kurikulum ini dapat diunduh DI SINI.
Bukankah Dalam KTSP Bisa Menambah Hingga 4 JTM?
Dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 memang memungkinkan untuk melakukan penambahan Jam Tatap Muka sampai optimal 4 JTM perminggunya. Namun ketentuan itu tidak tertulis dalam Permenag Nomor 2 Tahun 2008 yang mendasari penyelenggaraan KTSP di madrasah.
Di samping itu, secara prinsip, Kemenag telah mengakomodir penambahan jam tersebut melalui mapel PAI dan Bahasa Arab yang kalau ditotal jumlahnya sudah bertambah 4 JTM bahkan melebihinya.
So, tidak ada lagi penambahan 4 JTM.
Bagaimana dengan Madrasah yang Menggunakan K13
Lalu bagaimana dengan Madrasah yang mengadakan Kurikulum 2013?
Madrasah yang mampu menyelenggarakan Kurikulum 2013 ialah madrasah yang terdaftar dalam SK Dirjen Nomor 481 Tahun 2015 dan Nomor 5114 Tahun 2015. Madrasah-madrasah tersebut memakai struktur kurikulum sesuai dengan KMA Nomor 165 Tahun 2014.
Sekarang, Operator Madrasah dan Kepala Madrasah tidak perlu gundah lagi terkait dengan pengisian Jadwal Kelas dan Cetak SKMT dan SKBK Online sebab sudah disediakan Struktur Kurikulum MI yang dipakai di Simpatika.
Idealnya pembelajaran pada kelas rendah (I-III) di MI menggunakan pendekatan tematik khusus untuk mata pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBK, PJOK, dan Mulok. Sedangkan mapel PAI (Al Alquran Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, SKI) dan Bahasa Arab memakai pendekatan mata pelajaran.
Jika menggunakan pendekatan tematik, maka total JTM pelajaran biasa (PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBK, PJOK, dan Mulok) ialah 22 JTM. Lihat gambar tabel di bagian bawah.
yang menjadi dilema ialah ketika pembelajaran di kelas 1-3 diselenggarakan dengan pendekatan mata pelajaran, bukan tematik. Berapa alokasi jam untuk setiap mapelnya?
Mungkin tabel struktur kurikulum di bawah ini bisa dijadikan acuan.
Perhatikan gambar di atas:
Referensi artikel: www.facebook.com/notes/simpatika/kriteria-implementasi-kurikulum-madrasah-di-simpatika-model-10/1021477341245387
UPDATE 10 MARET 2016
Idealnya pembelajaran pada kelas rendah (I-III) di MI menggunakan pendekatan tematik khusus untuk mata pelajaran PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBK, PJOK, dan Mulok. Sedangkan mapel PAI (Al Alquran Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, SKI) dan Bahasa Arab memakai pendekatan mata pelajaran.
Jika menggunakan pendekatan tematik, maka total JTM pelajaran biasa (PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBK, PJOK, dan Mulok) ialah 22 JTM. Lihat gambar tabel di bagian bawah.
yang menjadi dilema ialah ketika pembelajaran di kelas 1-3 diselenggarakan dengan pendekatan mata pelajaran, bukan tematik. Berapa alokasi jam untuk setiap mapelnya?
Mungkin tabel struktur kurikulum di bawah ini bisa dijadikan acuan.
Perhatikan gambar di atas:
- Alokasi jam per mapel yang diblok hijau muda merupakan implemantasi dari KMA Nomor 165 Tahun 2014. Alokasi tersebut tidak dapat 'diusik gugat'.
- Alokasi jam per mapel yang diblok kuning dan putih merupakan implementasi dari diberlakukannya kembali KTSP.
- Pada kelas bawah (tingkat 1-3) sebagaimana yang diblok kuning, pembelajarannya idealnya dikerjakan dengan pendekatan tematik dengan total 22 JTM perminggunya. Sehingga saat mengisi Jadwal kelas di Simpatika dapat menentukan mata pelajaran "Tematik PAI" untuk delapan mapel tersebut.
- Jika menggunakan pendekatan mapel, alokasi permapel mampu diadaptasi dengan catatan jumlah keseluruhan (delapan mapel tersebut) harus tetap 22 JTM.
- Khusus untuk kedelapan mapel tersebut (yang diblok kuning) Simpatika tidak menunjukkan 'batasan alokasi JTM' per mapel.
- Contoh pembagian alokasi jam permapel pada delapan mapel di kelas 1-3 sebagaimana gambar di atas hanyalah sekedar contoh/contoh. Untuk pelaksanaannya silakan melakukan kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kab/Kota lokal atau Pengawas Madrasah masing-masing.
Referensi artikel: www.facebook.com/notes/simpatika/kriteria-implementasi-kurikulum-madrasah-di-simpatika-model-10/1021477341245387
Tidak ada komentar untuk "Struktur Kurikulum Mi Yang Digunakan Simpatika"
Posting Komentar